Jumat, 27 Mei 2016

Tips Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat tipis dan rentan terhadap infeksi atau yang sering disebut dengan kulit sensitif. Kulit bayi memang sangat sensitif oleh karena itulah memang dibutuhkan waktu untuk melakukan adaptasi dengan cara bertahap terhadap lingkungan disekelilingnya. Oleh karena itulah kulit bayi membutuhkan perhatian yang khusus dalam perawatannya. Dalam hal ini tentu saja bagi para ibu tentu harus memahami bagaimana cara untuk merawat kulit bayi yang sensitif. Perawatan yang tepat yang dilakukan bertujuan untuk melindungi kulit bayi dari berbagai masalah sekaligus menjaga kelembutannya. Selain itu juga bergunak untuk menjaga kulit bayi dari mikrorganisme yang akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan kulit bayi. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit bayi yang sensitif, diantaranya adalah sebagai berikut!

Inilah Tips Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Sebelum kita emmbahas mengenai tips merawat kulit bayi yang sensitif, alangkah baiknya jika kita dapat membahas mengenai berbagai masalah yang sering timbul pada kulit bayi yang sensitif. Masalah yang sering kali muncul adalah bintik-bintik merah pada kulit bayi atau yang sering disebut dengan biang keringat. Selain itu ada juga masalah yang lainnya seperti ruam merah dan masih banyak lagi masalah lainnya. Semua maslah tersebut tentu saja dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang harus Anda ketahui. Lantas apa saja faktor penyebab masalah kulit pada bayi tersebut? Kebersihan kulit bayi kurang baik. Menggunakan pakaian yang ketata sehingga memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi dan kealahan dalam menggunakan produk kosmetik bayi. Nah jika sudah terjadi hal seperti itu alangkah baiknya harus segera untuk ditangani. Karena jika tidak ini akan membuat kondisinya semakin parah. Selain itu akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan menangis karena sakit yang dirasakan. Masih bingung dan tidak tahu cara untuk merawat kulit bayi yang sensitif? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

  • Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adala dengan cara memandikan bayi dengan menggunakan air hangat. Perlu Anda tahu pada saat memandikan bayi alangkah baiknya jika Anda menggunakan sabun yang memiliki pH yang rendah yaitu sekitar 4,5 sampai dengan 5.
  • Kedua, ketika masih terdapat lapisan yang dinamakn lapisan vermix caseose pada kulit bayi Anda, maka jangan mengosoknya karena itu merupakan bagian lapisan yang memiliki manfaat untuk melindungi kulit sensitif bayi. Jika hal itu tetap dilakukan maka membuat kulit bayi cenderung sangat sensitif. Namun dalam kasus yang terjadi karena ketidaktahuan para ibu bayi melakukan hal tersebut yaitu menggosok lapisan yang disebut dengan lapisan vermix caseosa.
  • Ketiga, setelah proses memandikan telah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan kulit bayi dengan menggunakan handuk yang berbahan lembut dan dapat menyerap air dan keringat dengan cepat. Setelah itu pakaikan bedak yang benar-benar berkualitas bagus agar tidak menyebabkan masalah pada kulit bayi Anda. 
  • Terakhir, yang bisa Anda lakukan adalah pakaikan baju yang memiliki bahan bagus seperti katun yang lembut dan dapat berfungsi untuk menyerap keringat dengan baik. Selain itu pastikan juga pakaian yang digunakan longgar agar membuat bayi dapat bergerak bebas.

Nah itulah beberapa tips  yang dapat Anda lakukan. Lakukan cara tersebut setiap hari untuk menjaga kulit sensitif bayi Anda agar terhindar dari berbagai masalah kulit.
Baca juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar